YOH011 PENYEMBUHAN PADA HARI SABAT (Yohanes 5:1-18)

Author : Pdt Netsen | Wed, 17 January 2018 - 09:47 | View : 123
penyembuhan-pada-hari-sabat-di.jpg

TEMA : PENYEMBUHAN PADA HARI SABAT (Yohanes 5:1-18)

I PENGANTAR [INTRODUKSI]

Jika di dalam bagian sebelumnya mukjizat kesembuhan itu dialami oleh pegawai istana yang percaya kepada Yesus, maka pada bagian ini Injil Yohanes memperlihatkan akan kisah seorang yang tidak percaya, tetapi menerima kesembuhan. Seorang yang telah sakit selama tiga puluh delapan tahun dalam cerita ini tampaknya tidak yakin kalau Yesus dapat meyembuhnya. Dia masih menuaruh harap kesembuhan dari kolam Betesda, yang menurut tradisi pada waktu itu, kolam Betesda ini disebut sebagai kolam kesembuhan. Walau dia sendiri tahu, untuk menaruh harap pada kesembuhan dari kolam Betesda tersebut sangat tidak mungkin baginya untuk sembuh, karena tidak ada orang yang menolong dia untuk membawanya turun ke dalam air kolam itu. Selain itu selalu ada orang yang lebih mendahului dia untuk turun kalau sewaktu-waktu malaikat turun ke kolam itu. Siapa yang menyangka Yesus melihat dia dan menaruh belaskasihan padanya. Si lumpuh sendiripun tidak menyangka dan bahkan tidak tertarik pada sosok Yesus. Dia tidak berseru dan memohon pada Yesus untuk disembuhkan. Karena itu, bagian ini sangat menarik untuk diteliti dan dipelajari lebih dalam untuk melihat kasih Kristus pada mereka yang terabaikan sekaligus tak berpengharapan.

II PENGAMATAN [OBSERVASI]

  1. Mengapa Yesus pergi ke Yerusalem? (Yoh. 5:1)
  2. Apakah yang akan terjadi dengan air di kolam Betesda sehingga banyak orang sakit yang berbaring di serambi-serambinya? (Yoh. 5:2-3)
  3. Siapakah yang dinantikan oleh sejumlah besar orang sakit yang berbaring di lima serambi kolam Betesda? Apakah yang mereka harapkan? (Yoh. 5:2-4)
  4. Apa yang akan terjadi dengan orang yang akan pertama turun ke dalam air kolam Betesda ketika air kolamnya bergoncang? (Yoh. 5:4)
  5. Di antara sejumlah besar orang sakit tersebut ada seorang yang telah tiga puluh depalan tahun lamanya ia sakit. Dan Yesus melihatnya dan Ia tahu tentang orang itu. Apa yang Yesus lakukan terhadap orang tersebut? (Yoh. 5:6-7)
  6. Apa yang dialami oleh seorang yang sakit tersebut, setelah Yesus berkata kepadanya “Bangunlah, angkatlah tilammu dan berjalanlah?” (Yoh. 5:8-9)
  7. Apakah seorang yang telah sakit selamat tiga puluh delapan tahun dan telah disembuhkan tersebut tahu atau mengenal Yesus? (Yoh. 5:7;11-15)
  8. Apa yang dikatakan oleh Yesus kepada orang yang telah disembuhkannya dari sakit, ketika mereka bertemu dalam Bait Allah? (Yoh. 5:14)
  9. Apa yang dilakukan oleh orang-orang Yahudi ketika mereka sudah mengetahui bahwa Yesus lah yang telah memerintahkan seorang yang telah sembuh dari sakitnya untuk memikul tilamnya? (Yoh. 5:15)

III. PENDALAMAN [INTERPRETASI]

  1. Hari raya apa yang akan diperingati oleh orang Yahudi? Mengapa mereka harus memeringati hari raya di Yerusalem? (Yoh.5:1)
  1. Dari sejumlah besar orang sakit, mengapa hanya salah orang yang telah sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit yang mendapatkan perhatian dari Yesus untuk disembuhkan? Apakah karena ia layak untuk disembuhkan? (Yoh. 5:5-9)
  1. Bagaimana respons seorang yang telah sudah tiga puluh delapan tahun lamanya sakit, ketika Yesus berkata kepadanya; “Maukah engkau sembuh?” (Yoh. 5:6-7)
  1. Apakah yang dimaksud dengan hari Sabat? Apakah ada perbedaan cara pandang terhadap hari Sabat antara orang-orang Yahudi dan Yesus? Kalau ada, bagaimana bedanya? (Yoh. 5:9-10,16-17)
  1. Telitilah, mengapa orang-orang Yahudi mau menganiaya dan membunuh Yesus! Sebutkan beberapa alasannya! (Yoh. 5:16-18)
  1. Telitilah, Kesembuhan yang bagaimanakah yang dialami oleh seorang yang telah disembuhkan oleh Yesus dari sakit yang telah dia derita dalam hidupnya? Apakah hanya sekedar telah sembuh dari sakit fisik? (Yoh. 5:9,14)
  1. Ceritakan dan gambarkanlah Bagaimana relasi antara Yesus dan Bapa? (Yoh. 5:16)

IV. PENERAPAN [APLIKASI]

  1. Apakah yang saudara pelajari dari bible study ini?
  1. Siapakah Yesus bagi saudara? Ceritakan  bagaimanakah saudara bisa mengenal Yesus?
  1. Sejauh mana dan dalam hal apa saja saudara menaruh pengharapan dan percaya pada Yesus?
  1. Hal apa yang akan saudara lakukan bagi Yesus sebagai tanda rasa syukur pada Dia yang telah menyembuhkan hidup saudara dari sakit dosa?
  1. Sharingkan, bagaimana kehidupan iman saudara kepada orang lain !

V. PERENUNGAN [REFLEKSI]

See also

jQuery Slider

Comments

Top