YOH010 TIDAK DIHORMATI DI NEGERI SENDIRI, TAPI DISAMBUT DI NEGERI ORANG (Yohanes 4:43-54)

Author : Pdt Netsen | Thu, 14 September 2017 - 16:43 | View : 169
maxresdefault-1.jpg
  1. PENGANTAR [INTRODUKSI]

Basuki Tjahaja Purnama yang akrab disapa Ahok merupakan sosok pemimpin hebat. Beliau bukan hanya pemimpin yang rendah hati tetapi pemimpin yang bersih dari jiwa korupsi serta memiliki semangat kerja yang tinggi yang pernah membangun Jakrata yang sejahtera. Banyak kemajuan dan kesejahteraan yang telah dikerjakan lewat kepemimpinan beliau yang nyata dan dirasakan oleh masyarakat Jakarta. Sikap tegas dan kerja kerasnya bukan saja membuat sebagian orang Jakarta mengaguminya, tetapi juga Indonesia dan bahkan dunia terpesona padanya. Ironisnya rakyat yang dipimpinya tak semua mengapresiasi kepemimpinan dan kinerjanya. Bahkan ada mereka yang mencemooh dan menghina dia melalui berbagai cara, hingga dia membayar harga dengan dimasukan ke dalam penjara. Itu salah satu cara penolakan terhadap pak Ahok.

Apa yang dialami oleh Ahok hanyalah penggalan kisah hidup yang biasa. Tak heran jika beliau terkadang tidak dihormati karena beliau hanyalah manusia biasa. Bagaimana dengan Yesus Kristus yang adalah Tuhan, yang menjadi manusia? Dia sendiri bersaksi bahwa seorang nabi tidak dihormati di negerinya sendiri. Itu dialami oleh Dia, meski mereka telah melihat tanda-tanda ajaib yang telah dilakukan oleh-Nya. Hal tersebut tidak membuat mereka menerima dan menghormati-Nya. Mari melihat bagaimana kisah ketika Yesus tidak dihormati di negeri-Nya, dan bagaimana orang lain dengan semangat menyambut dan datang kepada-Nya.

  1. PENGAMATAN [OBSERVASI]
  1. Dimanakah Yesus berada selama dua hari, sebelum Dia berangkat ke Galilea? (Yoh. 4:43)
  2. Apakah yang dikatakan oleh Yesus tentang seorang nabi, bila ia ada di negerinya sendiri? (Yoh. 4:44)
  3. Bagaimana penerimaan orang-orang Galilea, ketika mereka mendengar bahwa Yesus telah tiba di daerah mereka? (Yoh. 4:45)
  4. Siapakah yang datang kepada Yesus dan meminta supaya Yesus menyembuhkan anaknya yang sakit dan hampir mati? Bagaimanakah respons Yesus ketika atas permintaan seorang pegawai istana yang memohon kesembuhan bagi anaknya? (Yoh. 4:47-50)
  5. Kapankah anak seorang pegawai istana mendapat/mengalami kesembuhan? (Yoh. 4:51-52)
  6. Apa yang dilakukan oleh seorang pegawai istana dan keluarganya setelah ia mengetahui bahwa anaknya telah disembuhkan oleh Yesus? (Yoh. 4:53-54)
  1. PENDALAMAN [INTERPRETASI]
  1. Mengapa Yesus bersaksi bahwa seorang nabi tidak dihormati di negeri asalnya? (Yoh. 4:43-44)
  2. Mengapa orang-orang Galilea sangat menyambut Yesus, ketika Dia datang ke Galilea? (Yoh. 4:45)
  3. Apa yang mendorong seorang pegawai istana untuk datang kepada Yesus dan meminta  Dia menyembuhkan anaknya yang sedang sakit dan hampir mati? (Yoh. 4:46-47)
  4. Teliti seluruh bagian cerita ini, apakah tindakan yang dilakukan seorang pegawai istana datang pada Yesus, meminta kesembuhan anaknya dan percaya pada perkataan yang dicapkan oleh Yesus menunjukkan bahwa dia adalah orang yang beriman?
  5. Mengapa seorang pegawai istana perlu menanyakan kepada hamba-hambanya tentang waktu kesembuhan anaknya? (Yoh. 4:51-52)
  6. Telitilah, apa yang dipikirkan oleh seorang pegawai istana, tentang kesembuhan anaknya, siapakah yang menyembuhkan? Apa akibat/dampak kesembuhan tersebut bagi seorang pegawai istana dan keluarganya?
  1. PENERAPAN [APLIKASI]
  1. Apakah yang saudara pelajari dari bible study ini?
  2. Siapakah Yesus bagi saudara? Ceritakan  bagaimanakah saudara bisa mengenal Yesus?
  3. Sejauh mana dan dalam hal apa saja saudara memohon kepada Yesus, menaruh pengharapan dan percaya pada Yesus?
  4. Pernahkan dalam hidup saudara tidak menghormati Yesus? Dalam hal apa dan bagaimana bentuk saudara tidak menghormati Yesus Kristus? Setelah saudara sadar bahwa saudara tidak menghormati Yesus, apa yang akan saudara lakukan?
  5. Sharingkan, bagaimana kehidupan keberimanan saudara kepada orang lain !
  1. PERENUNGAN [REFLEKSI]

See also

jQuery Slider

Comments

Top